Posted by : Unknown
Selasa, 24 Januari 2017
PENGANTAR
TEKNOLOGI
INFORMASI
"Mengelola Informasi"
Modul 10
Disusun Oleh :
Elsa Ayu Kartika
20160810026
“PEMBAHASAN”
Dasar
Teori
“Knowledge is
power”.pepatah ini sudah sering kali dengar, bila gates ternyata tidak
sependapat. Menurut Bll Gates dalam bukunya Bisnees @ the speed of
thought,informasi yang di share-lah yang memiliki kekuatan dahsyat , karena
karena informasi telah berubah dari informasi fositif ( yang berada di kepala
masing – masing orang, tataupun yang terpasang dalam file ) menjadi informasi
aktif,yaitu informasi yang bisa memberi nilai tambah bagi kegiatan misalnya bisnis
perusahaan. Informasi sudah menjadi salah satu sumber daya dari sekian banyak
sumber daya.
Berikut ini akan di
sampaikan beberapa pengertian informasi dari berbagai sumber.
1.
Menurut Gordon B.Davis dalam bukunya Management informasi system : conceptual
foundations, structures,and Development menyebut informasi sebagai data yang
telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan nyata, berupa
nilai yang dapat di pahami di dalam keputusan sekarang maupun masa depan.
2. Menurut Barry E. cushing dalam buku
Acaunting information system and Business organization,di katakana bahwa
informasi merupakan sesuatu yang menunjukan hasil pengelolahan data yang di
organisasikan dan berguna kepada orang yang menerimanya.
3.
Menurut Robert N. Anthony dan john Dearden dalam buku management control
system,menyebut informasi sebagai suatu kenyataan, data item yang menambah
pengetahuan bagi penggunanya.
4.
Menurut Stephen A.Moscove dan Mark G.simkin dalam bukunya Accaunting
information system : concepts and practise mengatakan informasi sebagai
kenyataan atau bentuk-bentuk yang berguna yang dapat digunakan untuk
pengambilan keputusan.
Dari
keempat pengertian seperti di atas dapat di simpulkan bahwa informasi merupakan
hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang
menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian nyata dan dapat di
gunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.
PRAKTIKUM
1.
Mencari Informasi
Dalam pengolahan data
menjadi sebuah inpormasi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah
pengumpulan data itu sendiri. Disini di butuh kejelian untuk mendapat data-data
tersebut.
Pengumpulan data ini,
dapat di lakukan dengan berbagai cara missal dengan observasi (pengamatan),
angket dan lainya, Namun saat ini yang paling sering adalah mencari adalah
mencari informasi dengan melakukan searching dan browsing di internet, misalnya
dengan memanfaatkan search engine.
Banyak situs – situs di
internet yang menyediakan fasilitas search engine.
Contoh : www.google.com
2.
Memilih dan menyimpan Informasi
Setelah data untuk informasi
tersebut di tetapkan,langkah selanjutnya adalah memilih data tersebut,
yaitu mengambil data- data yang di
anggap actual, terpercaya, akurat, dan uptade.
Sehingga data – data yang di anggap perlu, di kelompokan kemudian di simpan,
ingat dalam penyimpanan harus memperhatikan aspek pengarsipan, sehingga jika di
perlukan nantinya secara cepat dapat di ambil kembali.
3.
Pengolah Informasi Menjadi Informasi Baru
Dari data – data
yang telah di simpan, dapat di bedakan menjadi dua jenis :
1.
Data informasi
yang langsung dapat di tampilkan.
2.
Data informasi
yang harus di olah dulu, baru bisa di tampilkan menjadi informasi baru.
Mengolah
data untuk menjadi sebuah informasi baru, dapat di lakukan dengan pengeditan ,
penambahan, penggkonversian, penggabungan dari banyak data dan
sebagainya.contohnya data yang di peroleh dari internet masih dalam format
html, kemudian akan di olah dengan menggunkan Ms. Word, maka data – data dalam
format html tersebut kita ubah menjadi format doc dengan melakukan copy paste ke dalam sebuah dokumen
Ms.Word, setelah itu dapat dilakukan pengeditan, penambahan, penggabungan dan
lain–lainya.
Data yang telah di olah tersebut, akan menjadi
sebuah infomasi baru, dan dapat di persentasikan dalam bentuk apapun. Sebagi
contoh dalam format PDF, atau dengan menggunakan Ms.powe point bahkan secara
lisan, karena sebuah informasi aktif, jauh lebih berharga dari informasi pasif.
1.
Sistem Informasi
Sistem
informasi merupakan system pembangkit informasi. Dengan integrasi yang di
miliki antar subsistemnya, system informasi akan mampu menyediakan informasi
yang nerkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang
membutuhkannya.
Sistem informasi Berbasis komputer mengandung arti
bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah system informasi. Secara
teori,penerapan sebuah system informasi memang tidak harus menggunakan
komputer.
Tetapi pada perakteknya tidak mungkin system
informasi yang sangat kompleks itu
dapat
berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer.sistem informasi yang akurat
dan efektif,dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer- based” atau pengolahan informasi
yang berbasis pada komputer. Informasi yang cepat,akurat dan dapat di percaya
tersebut sangat di perlukan misalnya dalam rangka pengambilan keputusan –
keputusan stategis.
Terbentuknya system informasi yang akurat untuk
membantu setiap pengambilan keputusan. Di tengah lajunya kemajuan industry yang
berbasis teknologi telekomunikasi dan informatika, informasi yang cepat dan
akurat semakin menjadi kebutuhan pokok para decision
maker. Informasi merupakan kebutuhan dasar yang di perlukan oleh setiap
manajemen untuk melakukan pengambilan keputusan.
Sedangkan
suatu system informasi bertujuan untuk memasok segala kebutuhan informasi bagi
mereka yang membutuhkanya.
Sistem informasi yang tepat akan membantu kebijakan
level manjerial dalam hal program – program dan rencana – rencana operasional
serta sasaran yang akan di capai misalnya oleh organisasi atau perusahaan.
2.
Pengaman File
Dokumen
Selain
pengan secara umum missalnya jaringn komputer , PC pengaman file dokumen secara
tersendiri misalnya melakukan pemberian password (security options) juga mutlak
di ketahui.ini lebih banyak dibutuhkan pada penggunaan PC bersama.
Langkah
pemberian security pada dokumen Ms.Word.
1.
Buka file MicrosoftOfficeWord yang akan diberikan
password
2.
Klik File lalu Saveas
3.
Pilih Tools
4. Kemudian pilih general option,
isikan password kemudian pilih Ok
5. Isikan password dan isikan to modify password nya, lalu klik ok
6. Isikan kembali nama password dan klik Ok
7. Ms Word pun sudah terkunci




