Posted by : Unknown Selasa, 24 Januari 2017

PENGANTAR TEKNOLOGI 
INFORMASI
 
"Mengelola Informasi"
Modul 10







Disusun Oleh :
Elsa Ayu Kartika
20160810026
Teknik Informatika 2016




“PEMBAHASAN”





Dasar Teori

“Knowledge is power”.pepatah ini sudah sering kali dengar, bila gates ternyata tidak sependapat. Menurut Bll Gates dalam bukunya Bisnees @ the speed of thought,informasi yang di share-lah yang memiliki kekuatan dahsyat , karena karena informasi telah berubah dari informasi fositif ( yang berada di kepala masing – masing orang, tataupun yang terpasang dalam file ) menjadi informasi aktif,yaitu informasi yang bisa memberi nilai tambah bagi kegiatan misalnya bisnis perusahaan. Informasi sudah menjadi salah satu sumber daya dari sekian banyak sumber daya.

Berikut ini akan di sampaikan beberapa pengertian informasi dari berbagai sumber.

1. Menurut Gordon B.Davis dalam bukunya Management informasi system : conceptual foundations, structures,and Development menyebut informasi sebagai data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan nyata, berupa nilai yang dapat di pahami di dalam keputusan sekarang maupun masa depan.

2. Menurut Barry E. cushing dalam buku Acaunting information system and Business organization,di katakana bahwa informasi merupakan sesuatu yang menunjukan hasil pengelolahan data yang di organisasikan dan berguna kepada orang yang menerimanya.

3. Menurut Robert N. Anthony dan john Dearden dalam buku management control system,menyebut informasi sebagai suatu kenyataan, data item yang menambah pengetahuan bagi penggunanya.

4. Menurut Stephen A.Moscove dan Mark G.simkin dalam bukunya Accaunting information system : concepts and practise mengatakan informasi sebagai kenyataan atau bentuk-bentuk yang berguna yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

Dari keempat pengertian seperti di atas dapat di simpulkan bahwa informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian nyata dan dapat di gunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.

PRAKTIKUM

1. Mencari Informasi

Dalam pengolahan data menjadi sebuah inpormasi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pengumpulan data itu sendiri. Disini di butuh kejelian untuk mendapat data-data tersebut.

Pengumpulan data ini, dapat di lakukan dengan berbagai cara missal dengan observasi (pengamatan), angket dan lainya, Namun saat ini yang paling sering adalah mencari adalah mencari informasi dengan melakukan searching dan browsing di internet, misalnya dengan memanfaatkan search engine.

Banyak situs – situs di internet yang menyediakan fasilitas search engine.

Contoh : www.google.com


2.    Memilih dan menyimpan Informasi

Setelah data untuk informasi tersebut di tetapkan,langkah selanjutnya adalah memilih data tersebut,

yaitu mengambil data- data yang di anggap actual, terpercaya, akurat, dan uptade. Sehingga data – data yang di anggap perlu, di kelompokan kemudian di simpan, ingat dalam penyimpanan harus memperhatikan aspek pengarsipan, sehingga jika di perlukan nantinya secara cepat dapat di ambil kembali.

3.    Pengolah Informasi Menjadi Informasi Baru

Dari data – data yang telah di simpan, dapat di bedakan menjadi dua jenis :

1.    Data informasi yang langsung dapat di tampilkan.

2.    Data informasi yang harus di olah dulu, baru bisa di tampilkan menjadi informasi baru.

Mengolah data untuk menjadi sebuah informasi baru, dapat di lakukan dengan pengeditan , penambahan, penggkonversian, penggabungan dari banyak data dan sebagainya.contohnya data yang di peroleh dari internet masih dalam format html, kemudian akan di olah dengan menggunkan Ms. Word, maka data – data dalam format html tersebut kita ubah menjadi format doc dengan melakukan copy paste ke dalam sebuah dokumen Ms.Word, setelah itu dapat dilakukan pengeditan, penambahan, penggabungan dan lain–lainya.


Data yang telah di olah tersebut, akan menjadi sebuah infomasi baru, dan dapat di persentasikan dalam bentuk apapun. Sebagi contoh dalam format PDF, atau dengan menggunakan Ms.powe point bahkan secara lisan, karena sebuah informasi aktif, jauh lebih berharga dari informasi pasif.

1.    Sistem Informasi

          Sistem informasi merupakan system pembangkit informasi. Dengan integrasi yang di miliki antar subsistemnya, system informasi akan mampu menyediakan informasi yang nerkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.

         Sistem informasi Berbasis komputer mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah system informasi. Secara teori,penerapan sebuah system informasi memang tidak harus menggunakan komputer.

Tetapi pada perakteknya tidak mungkin system informasi yang sangat kompleks itu

dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer.sistem informasi yang akurat dan efektif,dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer- based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer. Informasi yang cepat,akurat dan dapat di percaya tersebut sangat di perlukan misalnya dalam rangka pengambilan keputusan – keputusan stategis.

       Terbentuknya system informasi yang akurat untuk membantu setiap pengambilan keputusan. Di tengah lajunya kemajuan industry yang berbasis teknologi telekomunikasi dan informatika, informasi yang cepat dan akurat semakin menjadi kebutuhan pokok para decision maker. Informasi merupakan kebutuhan dasar yang di perlukan oleh setiap manajemen untuk melakukan pengambilan keputusan.

Sedangkan suatu system informasi bertujuan untuk memasok segala kebutuhan informasi bagi mereka yang membutuhkanya.

Sistem informasi yang tepat akan membantu kebijakan level manjerial dalam hal program – program dan rencana – rencana operasional serta sasaran yang akan di capai misalnya oleh organisasi atau perusahaan.

2.    Pengaman  File Dokumen

          Selain pengan secara umum missalnya jaringn komputer , PC pengaman file dokumen secara tersendiri misalnya melakukan pemberian password (security options) juga mutlak di ketahui.ini lebih banyak dibutuhkan pada penggunaan PC bersama.

Langkah pemberian security pada dokumen Ms.Word.

1.    Buka file MicrosoftOfficeWord yang akan diberikan password

2.    Klik File lalu Saveas


3.    Pilih Tools

4.    Kemudian pilih general option, isikan password kemudian pilih Ok




  5. Isikan password dan isikan to modify password nya, lalu klik ok
  
      6. Isikan kembali nama password dan klik Ok
      7. Ms Word pun sudah terkunci



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Fkom Vlog - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -