Posted by : Unknown Selasa, 24 Januari 2017



 
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
"Grafika dan Multimedia"
Modul 4

Disusun Oleh :
Elsa Ayu Kartika
20160810026
Teknik Informatika 2016 D

Ø Dasar Teori

Flash merupakan program grafis multimedia dan animasi yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi web interaktif yang menarik.selain digunakan sebagai media pembuat web interaktif. Flash dapat dimanfaatkan sebagai program membuat game.


Mengenal Symbol dan Animasi Frame by Frame

Sebelum mempelajari jenis-jenis dan teknik animasi dalam flash,terlebih dahulu kita harus memahami symbol, karena untuk membuat animasi objek harus di ubah dahulu menjadi symbol.


SYMBOL adalah objek yang ada pada dokumen Flash dan dapat didufikasi sebanyak-banyaknya ke movie tanpa menambah pada ukuran movie tersebut.Secara umum pada flash dikenal 3 jenis symbol,yaitu :

  1. Movie clip
  2. Button
  3. Graphic

Teknik animasi frame by frame merupakan teknik dasar, dimana kita harus membuat secara manual setiap pergerakan pada objek di stage. Teknik animasi ini banyak digunakan pada pembuatan film film kartun karena pergerakannya yang sangat halus, namun untuk membuatnya dibutuhkan kesabaran dan ketelitian.


Ø Praktek

Langkah pengerjaan :

1.      Buka Aplikasi Macromedia Flash 8 Portable, Maka akan muncul layar desktop.Seperti gambar di bawah ini :


2.      Untuk membuat animasi kita harus menyiapkan terlebih dahulu layar dan ukuran layar

3.      Dibawah area kerja terdapat Actions – Frame dan Properties, kita akan pilih properties, kemudian pilih size.




Ø  Tugas

1. Buatlah animasi frame by frame “ orang yang sedang bermain basket”

dengan kreasi anda sendiri.

2. Perhatikan tempat di sekitar rumah anda, buatlah animasi bunga dari mulai kuncup hingga mekar.


Jawab :

1.      Orang yang sedang bermain bola basket.

ü Buka program  Macromedia Flash Propesional 8 dengan klik start > programs > macromedia > Macromedia Flash Propesional 8

ü Buka lembar kerja baru dengan cara klik File > new

ü Pada frame 1 buatlah gambar orang  dengan menggunakan oval toot dan rectangle Tool seperti gambar berikut ini

ü Klik kanan pada frame 2 lalu pilih insert keyframe. Kemudia edit gambar sehingga menghasilakan gambar seperti berikut ini





ü  Ikuti langkah sebelumnya sampai akhir atau frame yang di inginkan hingga di peroleh gambar berbeda pada tiap frame dan ubah posisi bola hingga bola masuk kedalam gawang  seperti  berikut :





ü  Klik menu control > test Movie / Ctrl+Enter, maka akan terlihat animasi orang yang sedang bermain basket

ü  Ubah kecepatannya (rate) menjadi 3 Fps.  Simpan hasil tadi.


2.        Animasi bunga.

·      Buka program  Macromedia Flash 8 Portable dengan klik start > programs > macromedia > Macromedia Flash 8 Portable.

·      Buka lembar kerja baru dengan cara klik File > new.

·      Klik pada frame 1 buat gambar bunga kuncup.



Saat Kuncup

·      Klik kanan pada frame 2 lalu insert keyframe. Kemudian rubah bunga yang kuncup tadi pelan pelan hingga berupa seakan-akan mulai bermekar.

·      Ulangi langkah ke 4 sampai bunga mekar.


Saat Mekar

·           Rubah kecepatan menjadi 3/2 Fps.

·           Test animasi tersebut dengan menekan Ctrl+Enter.


Ø         Kesimpulan

Flash merupakan program grafis multimedia dan animasi yang dapat di pergunakan untuk membuat aplikasi web interaktif yang menarik. Selain digunakan sebagai media pembuat web interaktif. Flash dapat dimanfaatkan sebagai program pembuat game dan pembuatan untuk presentasi.

Flash ini juga sebagai media untuk pembuatan kartun kartun karena pembuatan animasi ini pergerakan nya sangat halus namun dalam pembuatanya di butuhkan kesabaran dan ketelitiaan.

Symbol adalah objek yang ada pada dokumen Flash dan dapat didufikasi sebanyak-banyaknya ke movie tanpa menambah pada ukuran movie tersebut.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Fkom Vlog - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -