Posted by : Unknown
Selasa, 24 Januari 2017
PENGANTAR
TEKNOLOGI INFORMASI
"Grafika dan Multimedia"
Modul 4
Disusun Oleh :
Elsa Ayu Kartika
20160810026
Ø Dasar Teori
Flash
merupakan program grafis multimedia dan animasi yang dapat digunakan untuk
membuat aplikasi web interaktif yang menarik.selain digunakan sebagai media
pembuat web interaktif. Flash dapat dimanfaatkan sebagai program membuat game.
Mengenal Symbol
dan Animasi Frame by Frame
Sebelum
mempelajari jenis-jenis dan teknik animasi dalam flash,terlebih dahulu kita
harus memahami symbol, karena untuk membuat animasi objek harus di ubah dahulu
menjadi symbol.
SYMBOL adalah objek
yang ada pada dokumen Flash dan dapat didufikasi sebanyak-banyaknya ke movie
tanpa menambah pada ukuran movie tersebut.Secara umum pada flash dikenal 3
jenis symbol,yaitu :
- Movie clip
- Button
- Graphic
Teknik animasi
frame by frame merupakan teknik dasar, dimana kita harus membuat secara manual
setiap pergerakan pada objek di stage. Teknik animasi ini banyak digunakan pada
pembuatan film film kartun karena pergerakannya yang sangat halus, namun untuk
membuatnya dibutuhkan kesabaran dan ketelitian.
Ø Praktek
Langkah pengerjaan :
1. Buka Aplikasi Macromedia Flash 8 Portable, Maka akan muncul layar desktop.Seperti gambar di bawah ini :
2. Untuk
membuat animasi kita harus menyiapkan terlebih dahulu layar dan ukuran layar
3. Dibawah area kerja terdapat Actions –
Frame dan Properties, kita akan pilih properties, kemudian pilih size.
Ø Tugas
1. Buatlah
animasi frame by frame “ orang yang sedang bermain basket”
dengan kreasi anda sendiri.
2. Perhatikan
tempat di sekitar rumah anda, buatlah animasi bunga dari mulai kuncup hingga
mekar.
Jawab :
1.
Orang yang sedang bermain bola basket.
ü Buka
program Macromedia Flash Propesional 8 dengan klik
start > programs > macromedia > Macromedia Flash Propesional 8
ü Buka
lembar kerja baru dengan cara klik File > new
ü Pada
frame 1 buatlah gambar orang dengan
menggunakan oval toot dan rectangle Tool seperti gambar berikut ini
ü Klik
kanan pada frame 2 lalu pilih insert keyframe. Kemudia edit gambar sehingga
menghasilakan gambar seperti berikut ini
ü Ikuti
langkah sebelumnya sampai akhir atau frame yang di inginkan hingga di peroleh
gambar berbeda pada tiap frame dan ubah posisi bola hingga bola masuk kedalam
gawang seperti berikut :
ü Klik
menu control > test Movie / Ctrl+Enter, maka akan terlihat animasi orang
yang sedang bermain basket
ü Ubah
kecepatannya (rate) menjadi 3 Fps. Simpan
hasil tadi.
2.
Animasi bunga.
·
Buka program Macromedia Flash 8 Portable dengan klik start >
programs > macromedia > Macromedia Flash 8 Portable.
·
Buka lembar kerja baru dengan cara klik
File > new.
·
Klik pada frame 1 buat gambar bunga
kuncup.
Saat
Kuncup
·
Klik kanan pada frame 2 lalu insert
keyframe. Kemudian rubah bunga yang kuncup tadi pelan pelan hingga berupa
seakan-akan mulai bermekar.
·
Ulangi langkah
ke 4 sampai bunga mekar.
Saat
Mekar
·
Rubah kecepatan menjadi 3/2 Fps.
·
Test animasi tersebut dengan menekan
Ctrl+Enter.
Ø
Kesimpulan
Flash merupakan program
grafis multimedia dan animasi yang dapat di pergunakan untuk membuat aplikasi
web interaktif yang menarik. Selain digunakan sebagai media pembuat web
interaktif. Flash dapat dimanfaatkan sebagai program pembuat game dan pembuatan
untuk presentasi.
Flash ini juga
sebagai media untuk pembuatan kartun kartun karena pembuatan animasi ini
pergerakan nya sangat halus namun dalam pembuatanya di butuhkan kesabaran dan
ketelitiaan.
Symbol adalah objek yang ada pada
dokumen Flash dan dapat didufikasi sebanyak-banyaknya ke movie tanpa menambah
pada ukuran movie tersebut.







